RELIGION - Semangat nge-BLOG 23 hari menuju Syawal

0







 


Babisme adalah gerakan keagamaan yang berkembang di Persia pada tahun 1844-1852, kemudian lama kelamaan masuk di dalam pengasingan di Kekaisaran Ottoman. Pendirinya adalah Siyyid `Ali-Muhammad dari Shiraz yang diambil dari sebuah istilah teologis Syiah. Tidak seperti gerakan mesianik Islam, gerakan Babiisme ingin berbeda dengan Islam dan berusaha untuk memulai sebuah sistem keagamaan yang baru. Dalam Islam Syiah ada kelompok besar yang dikenal sebagai Twelvers yang menganggap Imam Keduabelas sebagai yang terakhir dari semua Imam yang ada. Mereka berpendapat bahwa Imam kedua belas pergi ke penyembunyian pada tahun 874 AD. Pada tahun 940 AD, terjadi pengklaiman bahwa Imam yang bersembunyi telah pergi menjadi tak terbatas dan bahwa ia akan berhenti untuk berkomunikasi dengan orang-orang. Menurut kepercayaan Imamiyah, Imam Tersembunyi hidup di dunia, tetapi menyembunyikan diri dari musuh-musuhnya, dan bahwa ia hanya akan muncul sesaat sebelum hari kiamat. Pada saat itu, Imam Tersembunyi akan memulai perang suci melawan kejahatan dan akan mengalahkan orang-orang kafir serta akan memulai pemerintahan keadilan

 
Agama Bahá’í dimulai di Iran pada abad 19. Pendirinya bernama Bahá’u’lláh. Pada awal abad kedua puluh satu, jumlah penganut Bahá’í sekitar enam juta orang yang berdiam di lebih dari dua ratus negeri di seluruh dunia.

Dalam ajaran Bahá’í, sejarah keagamaan dipandang sebagai suatu proses pendidikan bagi umat manusia melalui para utusan Tuhan, yang disebut para "Perwujudan Tuhan". Bahá’u’lláh dianggap sebagai Perwujudan Tuhan yang terbaru. Dia mengaku sebagai pendidik Ilahi yang telah dijanjikan bagi semua umat dan yang dinubuatkan dalam agama Kristen, Islam, Buddha, dan agama-agama lainnya. Dia menyatakan bahwa misinya adalah untuk meletakkan pondasi bagi persatuan seluruh dunia, serta memulai suatu zaman perdamaian dan keadilan, yang dipercayai umat Bahá’í pasti akan datang.

Mendasari ajaran Bahá’í adalah asas-asas keesaan Tuhan, kesatuan agama, dan persatuan umat manusia. Pengaruh dari asas-asas hakiki ini dapat dilihat pada semua ajaran kerohanian dan sosial lainnya dalam agama Bahá’í. Misalnya, orang-orang Bahá’í tidak menganggap "persatuan" sebagai suatu tujuan akhir yang hanya akan dicapai setelah banyak masalah lainnya diselesaikan lebih dahulu, tetapi sebaliknya mereka memandang persatuan sebagai langkah pertama untuk memecahkan masalah-masalah itu. Hal ini tampak dalam ajaran sosial Bahá’í yang menganjurkan agar semua masalah masyarakat diselesaikan melalui proses musyawarah. Sebagaimana dinyatakan Bahá’u’lláh: "Begitu kuatnya cahaya persatuan, sehingga dapat menerangi seluruh bumi." Iman Baha'i adalah agama Abrahamik.


Gnosticism (bahasa Yunani: γνσις gnōsis, pengetahuan) merujuk pada bermacam-macam gerakan keagamaan yang beraliran sinkretisme pada zaman dahulu kala. Gerakan ini mencampurkan pelbagai ajaran agama, yang biasanya pada intinya mengajarkan bahwa manusia pada dasarnya adalah jiwa yang terperangkap di dalam alam semesta yang diciptakan oleh tuhan yang tidak sempurna. Secara umum dapat dikatakan Gnostisisme adalah agama dualistik, yang dipengaruhi dan memengaruhi filosofi Yunani, Yudaisme, dan Kekristenan.

Istilah gnōsis merujuk pada suatu pengetahuan esoteris yang telah dipaparkan. Dari sana manusia melalui unsur-unsur rohaninya diingatkan kembali akan asal-muasal mereka dari Tuhan yang superior. Yesus Kristus dipandang oleh sebagian sekte Gnostis sebagai perwujudan dari makhluk ilahi yang menjadi manusia untuk membawa gnōsis ke bumi.

Pada mulanya Gnostisisme dianggap sebagai cabang aliran sesat dari Kekristenan, namun sekte Gnostis telah ada sejak sebelum kelahiran Yesus. Keberadaan kaum Gnostik sejak Abad Pertengahan semakin berkurang dikarenakan pengikutnya memeluk Islam atau akibat dari Perang Salib Albigensian (12091229). Gagasan Gnostis kembali muncul seiring dengan bertumbuhnya gerakan mistis esoteris pada akhir abad ke-19 dan abad ke-20 di Eropa dan Amerika Utara.



·      Ahl-e Haqq (Yarsan)
·      Ahmadiyah
·      Druze
·      Nation of Islam
·      Zikri
·      Aboge (Alif Rabu Wage)
·      Waktu Telu

1.       Katolikisme
2.       Protestantisme
3.       Other groups





Samaritan adalah nama sebuah komunitas agama kuno yang memisahkan diri dari agama Yahudi sekitar 2.000 tahun yang lalu dan bahwa penganut agama ini masih ada sampai sekarang.
Komunitas Samaritan telah hidup di Timur Tengah selama ribuan tahun, tetapi mereka sekarang harus menemukan cara-cara baru untuk menjamin kelangsungan hidup mereka

Kaum Samaritan hidup di daerah Tepi Barat Palestina atau daerah gunung Gerizim. Gunung Gerizim merupakan kiblatnya kaum Samaritan, Daerah itu adalah tempat paling suci bagi masyarakat Samaritan karena merupakan tempat rumah ibadah mereka pernah berdiri dan lokasi di mana Nabi Ibrahim, menurut kepercayaan mereka, hampir mengorbankan Ishak.

Kaum Samaria ( Ibrani : שומרונים Shomronim , Arab : السامريون sebagai-Sāmariyyūn ) adalah etnoreligius grup dari Levant , keturunan dari penduduk Semit kuno daerah itu. Agama orang Samaria adalah penganut Samaritanisme , sebuah agama Abrahamik/Ibrahimi yang terkait erat dengan Yudaisme/Yahudi .Berdasarkan Taurat Samaria, Samaria menegaskan ibadah mereka adalah agama benar/asli.






Unitarian Universalisme (UU-isme) adalah sebuah gerakan keagamaan yang secara teologis liberal yang dicirikan oleh dukungannya terhadap "pencarian yang bebas dan bertanggung jawab akan makna dan kebenaran." Prinsip ini memungkinkan kaum Unitarian Universalis untuk memiliki keyakinan dan praktik yang sangat berbeda-beda. Jemaat-jemaat dan persekutuan-persekutuan Unitarian Universalis cenderung mempertahankan sebagian tradisi Kristen, seperti ibadah hari Minggu dengan khotbah dan nyanyian rohnai, tetapi tidak berarti mereka menyebut dirinya Kristen.

Perhimpunan Unitarian Universalis (Unitarian Universalist Association - UUA), didirikan pada tahun 1961 sebagai penggabunan dari Perhimpunan Unitarian Amerika dan Gereja Universalis Amerika, dengan kantor pusatnya di Boston, Massachusetts, dan melayani gereja-gereja di Amerika Utara. UUA mewakili lebih dari 1000 gereja anggota dengan lebih dari 217.000 anggota.

Unitarian Universalis mengikuti model kepemimpinan jemaat yang kongregasional. Dalam hal ini, kekuasaan terletak pada tingkat lokal. Masing-masing jemaat bebas memanggil pendeta dan membuat keputusan sendiri seperti liturgi, teologi dan pengelolaan gereja sehari-hari. Kantor pusat Gereja yang terletak di Boston, dalam gilirannya memberikan pelayanan kepada gereja-gereja anggotanya agar lebih efektif dalam menjalankan tugasnya melalui usaha besama.

Sebuah organisasi terpisah dari UUA adalah Dewan Internasional Unitarian dan Universalis (International Council of Unitarian and Universalist - ICUU), yang didirikan pada tahun 1995, yang mengkoordinir perhimpunan-perhimpunan nasional Gereja Unitarian dan Universalis di seluruh dunia.

Baik Unitarianisme maupun Universalisme berakar dari Protestanisme. Banyak pemeluk UU yang menghargai spiritualitas dari agama Kristen dan Yahudi. Namun sejauh mana unsur-unsur dari tradisi iman tertentu digabungkan ke dalam praktik spiritual pribadi seseorang adalah pilihannya masing-masing, sesuai dengan tradisi UU yang tidak didasarkan pada kredo dan pendekatannya yang non-dogmatis terhadap spiritualitas dan perkembangan iman. Bahkan sebelum gerakan Unitarian dan Universalis bergabung di Amerika Serikat, signifikansi Unitarianianisme dan Universalisme berkembang melampaui pengertian tradisional tentang kedua istilah tersebut.


Yahudiah (Yudaisme) adalah kepercayaan yang unik untuk orang/bangsa Yahudi (penduduk negara Israel maupun orang Israel yang bermukim di luar negeri). Inti kepercayaan penganut agama Yahudi adalah wujudnya Tuhan yang Maha Esa, pencipta dunia yang menyelamatkan bangsa Israel dari penindasan di Mesir, menurunkan undang-undang Tuhan (Torah) kepada mereka dan memilih mereka sebagai cahaya kepada manusia sedunia.

Kitab agama Yahudi menuliskan Tuhan telah membuat perjanjian dengan Abraham bahwa beliau dan cucu-cicitnya akan diberi rahmat apabila mereka selalu beriman kepada Tuhan. Perjanjian ini kemudian diulangi oleh Ishak dan Yakub. Dan karena Ishak dan Yakub menurunkan bangsa Yahudi, maka mereka meyakini bahwa merekalah bangsa yang terpilih. Penganut Yahudi dipilih untuk melaksanakan tugas-tugas dan tanggung jawab khusus, seperti mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur dan beriman kepada Tuhan. Sebagai balasannya, mereka akan menerima cinta serta perlindungan Tuhan. Tuhan kemudian menganugerahkan mereka Sepuluh Perintah Allah melalui pemimpin mereka, Musa.

Sinagog merupakan pusat masyarakat serta keagamaan yang utama dalam agama Yahudi, dan Rabi adalah sebutan bagi mereka yang pakar dalam hal-hal keagamaan.



 



The Dīn-i ilahi ( Persia :. دین الهی "Agama Tuhan" lit) adalah seorang sinkretis agama dikemukakan oleh kaisar Mughal Akbar yang Agung pada tahun 1582 Masehi, berniat untuk menggabungkan unsur-unsur terbaik dari agama-agama dari kerajaannya, dan dengan demikian mendamaikan perbedaan yang dibagi rakyatnya. Unsur-unsur itu terutama diambil dari Islam dan Hindu , tetapi beberapa orang lain juga diambil dari Kristen, Jainisme, dan Zoroastrianisme .
 
Akbar mempromosikan toleransi agama lain. Bahkan, tidak hanya dia mentolerir mereka, ia mendorong perdebatan tentang isu-isu filosofis dan religius. Hal ini menyebabkan penciptaan Ibadat Khana ("House of Worship") di Fatehpur Sikri tahun 1575. Dia sudah mencabut jizyah (pajak non-Muslim) pada tahun 1568. Sebuah pengalaman religius sambil berburu pada tahun 1578 lebih meningkat minatnya dalam tradisi agama kerajaannya. 

Dari diskusi yang dipimpinnya di Ibadat Khana, Akbar menyimpulkan bahwa tidak ada agama tunggal bisa mengklaim monopoli kebenaran. Ini dia terinspirasi untuk menciptakan Dīn-i ilahi pada tahun 1582. Berbagai Muslim yang saleh, di antaranya Qadhi dari Bengal dan mani Sufi kepribadian Syaikh Ahmad Sirhindi , menanggapi dengan menyatakan ini menjadi penghujatan terhadap Islam.
 
Dīn-i ilahi tampaknya telah selamat Akbar menurut Dabestān-e Mazāheb dari Mubad Shah (Mohsin Fani). Namun, gerakan itu tidak pernah berjumlah lebih dari 19 pengikut.
Din-i-Ilahi melarang nafsu, sensualitas, fitnah dan kebanggaan, mengingat mereka dosa. Kesalehan, kehati-hatian, pantang dan kebaikan adalah kebajikan inti. Jiwa didorong untuk memurnikan diri melalui kerinduan Allah. Selibat dihormati dan penyembelihan hewan dilarang. Ada tidak kitab suci maupun hirarki imam dalam agama ini.



Jainisme / dʒ eɪ n ɪ z m / , secara tradisional dikenal sebagai Jaina dharma, adalah agama India yang mengatur jalur non-kekerasan terhadap semua makhluk hidup dan menekankan kemerdekaan rohani dan kesetaraan antara semua bentuk kehidupan. Inti dari Jainisme adalah kepedulian terhadap kesejahteraan setiap makhluk di alam semesta. Praktisi percaya bahwa non-kekerasan dan pengendalian diri merupakan sarana dengan mana mereka dapat memperoleh pembebasan. Saat ini, Jainisme terbagi menjadi dua sekte besar - Digambara dan Svetambara .
 
Jain percaya pada gagasan bahwa kebenaran dan realitas yang dirasakan berbeda dari berbagai sudut pandang. Doktrin ini secara resmi disebut anekantavada. Menurut itu, manusia terbatas dalam persepsi dan pengetahuan mereka tentang realitas. Mereka dapat memiliki informasi hanya parsial. Perselisihan filosofis dan teologis hanya muncul karena pengetahuan parsial manusia. Doktrin Jain menekankan pada keberadaan jiwa. Menurut Jainisme, setiap makhluk hidup adalah jiwa dan memiliki eksistensi yang terpisah dari tubuh yang rumah itu. Jiwa ini mengalami siklus reinkarnasi. Jainisme mendalilkan adanya partikel halus dari materi yang disebut karma. Partikel-partikel karma menempel pada jiwa karena interaksi jiwa dengan alam semesta dan melalui karma ini jiwa bereinkarnasi dan merasa senang dan rasa sakit.
 
Jainisme adalah salah satu agama tertua di dunia. Jain tradisional melacak sejarah mereka melalui suksesi dua puluh empat dai iman mereka dikenal sebagai tirthankara dengan Ādinātha sebagai tirthankara pertama dan Mahavira sebagai yang terakhir. Untuk jangka waktu yang lama Jainisme adalah agama negara kerajaan India dan diadopsi secara luas di anak benua India. Agama telah menurun sejak abad 8 Masehi karena pertumbuhan, dan penindasan oleh, para pengikut Hindu dan Islam .
 
Jainisme adalah agama minoritas di India, dengan 4,2 juta pengikut, dan ada yang kecil tapi penting komunitas imigran di Belgia , Kanada , Hong Kong , Jepang , Singapura , dan Amerika Serikat . Jain memiliki tingkat tertinggi dari setiap keaksaraan komunitas religius di India, dan perpustakaan naskah mereka adalah yang tertua di negara ini. 


Sikhisme adalah salah satu agama terbesar di dunia. Agama ini berkembang terutamanya pada abad ke-16 dan 17 di India. Kata Sikhisme berasal dari kata Sikh, yang berarti "murid" atau "pelajar".

Kepercayaan-kepercayaan utama dalam Sikhisme adalah:

  •  Percaya dalam satu Tuhan yang pantheistik. Kalimat pembuka dalam naskah-naskah Sikh hanya sepanjang dua kata, dan mencerminkan kepercayaan dasar seluruh umat yang taat pada ajaran-ajaran dalam Sikhisme: Ek Onkar (Satu Tuhan).
  •  Ajaran Sepuluh Guru Sikh (serta para cendekiawan Muslim dan Hindu yang diterima) dapat ditemukan dalam Guru Granth Sahib.

Sikhisme dipengaruhi pergerakan perubahan dalam agama Hindu (misalnya Bhakti, monisme, metafisika Weda, guru ideal, dan bhajan) serta Islam Sufi. Agama ini berangkat dari adat-adat sosial dan struktur dalam agama Hindu dan Islam (contohnya sistem kasta dan purdah). Filsafat dalam Sikhisme bercirikan logika, keseluruhan (bersifat komprehensif), dan pendekatan yang sederhana terhadap masalah-masalah spiritual maupun material. Teologinya penuh kesederhanaan. Dalam etika Sikh, tidak ada konflik antara tugas pribadi terhadap diri sendiri dengan masyarakat.
Sikhisme berasal dari daerah Punjab di India, namun kini pengikutnya juga dapat ditemukan di berbagai penjuru dunia yang mempunyai komunitas India. Di Asia Tenggara, umat Sikh banyak ditemukan di Malaysia dan Singapura. Umat Sikh dapat dikenali melalui namanya yang kebanyakan diakhiri Singh untuk pria dan Kaur untuk wanita.






1.       Alevi
2.       Yarsani
3.       Yazidi


1.       Zurvanisme



1.       Caodaisme
2.       Agama tradisional China
3.       Chondogyo
4.       Falun Gong
5.       I-Kuan Tao
6.       Jeung San Do
7.       Legalism
8.       Mohisme
9.       Oomoto
10.    Seicho-No-Ie
11.    Tenrikyo



Afrika Barat
·       Mitologi Akan
·       Mitologi Ashanti (Ghana)
·       Mitologi Dahomey (Fon)
·       Mitologi Efik (Nigeria, Kamerun)
·       Mitologi Igbo (Nigeria, Kamerun)
·       Mitologi Isoko (Nigeria)
·       Mitologi Yoruba (Nigeria, Benin)
Afrika Tengah
·       Mitologi Bushongo (Kongo)
·       Mitologi Bambuti (Pigmy) (Kongo)
·       Mitologi Lugbara (Kongo)
Afrika Timur
·       Mitologi Akamba (Kenya Timur)
·       Mitologi Dinka (Sudan)
·       Mitologi Lotuko (Sudan)
·       Mitologi Masai (Kenya, Tanzania)
Afrika Selatan
·       Mitologi Khoikhoi
·       Mitologi Lozi (Zambia)
·       Mitologi Tumbuka (Malawi)
·       Mitologi Zulu (Afrika Selatan)
·       Mitologi Abenaki
·       Anishinaabe
·       Mitologi Aztec
·       Mitologi Blackfoot
·       Mitologi Cherokee
·       Mitologi Chickasaw
·       Mitologi Choctaw
·       Mitologi Creek
·       Mitologi Crow
·       Ghost Dance
·       Mitologi Guarani
·       Mitologi Haida
·       Mitologi Ho-Chunk (aka: Winnebago)
·       Mitologi Hopi
·       Mitologi Huron (aka: Wyandot)
·       Mitologi Inca
·       Mitologi Inuit
·       Mitologi Iroquois
·       Kuksu
·       Mitologi Kwakiutl
·       Mitologi Lakota
·       Mitologi Leni Lenape
·       Agama Longhouse
·       Mitologi Mapuche
·       Mitologi Maya
·       Midewiwin
·       Miwok
·       Gereja Pribumi Amerika (Peyotisme)
·       Mitologi Navajo
·       Mitologi Nootka
·       Mitologi Ohlone
·       Mitologi Olmec
·       Mitologi Pomo
·       Mitologi Pawnee
·       Mitologi Salish
·       Agama Selk'nam
·       Mitologi Seneca
·       Mitologi Tsimshian
·       Urarina
·       Mitologi Ute
·       Mitologi Zuni

Asia
·       Bön
·       Mitologi China
·       Mitologi Jepang
·       Koshinto
·       Shamanisme Siberia
·       Tengriisme Mongolia
Eropa
·       Mitologi Estonia
·       Agama Eskimo
·       Agama rakyat Hungaria
·       Agama Sami (termasuk Noaidi)
·       Tadibya

 
§    Modekngei
§    Anito
§    Gabâ
§    Kulam
§    Mitologi Hawaii
§    Mitologi Maori
§    Agama Maori
§    Moai
§    Tangata manu

·            John Frum
·            Kultus Johnson
·            Gerakan Pangeran Philip
·            Kegilaan Wailala

 


Timur Dekat Kuno
·                Agama Mesir kuno
·                Agama Semitik kuno
·                Mitologi Mesopotamia
o Mitologi Arab (pra-Islam)
·                Mitologi Babylonia
·                Mitologi Chaldea
·                Mitologi Kanaan
·                Mitologi Het
·                Mitologi Persia
·                Mitologi Sumeria

Indo-Eropa
·                Agama Indo-Iran awal
·                Politeisme Baltik
·                Politeisme Keltik
·                Politeisme Germania
·                Politeisme Yunani
·                Politeisme Finlandia
·                Politeisme Hungaria
·                Politeisme Romawi
·                Politeisme Slavia

Helenistik
·                Agama-agama misteri
·                Pythagoreanisme
·                Agama Gallia-Romawi


Aliran kepercayaan lainnya

Berikut adalah istilah-istilah yang dimaksudkan untuk menunjukkan sistem atau sub-sistem kepercayaan. Kebanyakan, namun tidak semuanya, memiliki akhiran -isme, namun tidak berarti semua yang berakhiran "-isme" seperti magnetisme, metabolisme, organisme, dll, merupakan sistem kepercayaan. Beberapa juga memiliki akhiran -it, -kan, akhiran bahasa Arab -yyah dan -i.

Yang diberi tanda ° berasal dari nama orang (lihat pula Eponim), yang bertanda °² berasal dari nama tempat, yang bertanda °³ dari entitas lain. Yang dicetak miring bukan dibentuk dari kata dalam bahasa Indonesia. 

A
Ableisme (diskriminasi) • Abolisionisme • Absolutisme • Absolutisme moral • Absolutisme politik • Absurdisme • Accidentalisme • Acosmisme • Adopsionisme • Adultisme (diskriminasi) • Aestheticisme • Afrosentrisme • Ageisme (diskriminasi) • Agnostisisme • Agorisme • Agrarianisme • Ahmadiyyah° • Alarmisme • Albigensianisme°² • Alevi • Althusserianisme° • Altruisme • American exceptionalisme • Amerikanisme°² • Amish° • Anarkisme • Anarkisme-kiri • Anarko-kapitalisme • Anarko-komunisme • Anarko-sindikalisme • Anasionalisme • Anglikanisme • Anglicisme • Aniconisme • Animalisme • Animisme • Anthroposentrisme • Anthropomorfisme • Anti-...isme • Apateisme • Apollinarisme • Arianisme° • Aristotelianisme° • Arminianisme° • Ateisme • Athorisme • Atlantikisme°² • Atomisme • Audisme (diskriminasi) • Augustinisme° • Averroisme°

Anti-
Anti-Amerika · Anti-Arabisme · Anti-Armenia · Anti-Australianisme · Anti-Bolshevisme · Anti-Brahminisme · Anti-Buddhisme · Anti-Kanada · Anti-Catalanisme · Anti-Katolikisme-papisme · Anti-Darwinisme · Anti-Eropa · Anti-Federalisme · Anti-Jerman · Anti-Hinduisme · Anti-Iran · Anti-Irlandia · Anti-Islamisme · Anti-Italia · Anti-Jepang · Anti-Yahudi · Anti-Yudaisme · Anti-Leninisme · Anti-Malayisme · Anti-Manchuisme · Anti-Marxisme · Anti-Mormonisme · Anti-Neoisme · Anti-Normanisme · Anti-Palestina · Anti-Persia · Anti-Polandia · Anti-Protestanisme · Anti-Revisionisme · Anti-Romania · Anti-Sinoisme · Anti-Slavia · Anti-Sovietisme · Anti-Turkisme · Anti-Zionisme · Anti-abolisionisme · Anti-anarkisme · Anti-otoritarianisme · Anti-clericalisme · Anti-kolektivisme · Anti-komersialisme · Anti-komunisme · Anti-constructive naturalisme · Anti-konsumerisme · Anti-corporate activisme · Anti-elektoralisme · Anti-elitisme · Anti-environmentalisme · Anti-evolusionisme · Anti-fasisme-nazisme · Anti-foundationalisme · Anti-globalisasi and antisemitisme · Anti-homoseksualisme · Anti-humanisme · Anti-kolonialisme-imperialisme · Anti-industrialisme · Anti-intelektualisme · Anti-liberalisme · Anti-modernisme · Anti-nasionalisme · Anti-parliamentarianisme · Anti-patriotisme · Anti-pedophile activisme · Anti-plagiarisme · Anti-pornografi feminisme · Anti-psikologisme · Anti-rasisme · Anti-realisme · Anti-sosialisme · Anti-spesiesisme · Anti-state capitalisme · Anti-statisme · Anti-stuckisme · Anti-suffragisme · Anti-unionisme · Anti-vaksinasionisme · Anti-vegetarianisme · Antidisestablishmentarianisme · Antiestablishmentarianisme · Antifeminisme · Antiglobalisasi · Antihomomorphisme · Antiisomorphisme · Antikapitalisme · Antimiliterisme · Antinatalisme · Antinaturalisme · Antinomianisme · Antipositivisme · Antisemitisme · Antiteisme · Antiziganisme

B

C

D

E

F

G

H
Hacktivisme • Hanafi° • Hassidisme • Healthisme (diskriminasi) • Hedonisme • Hegelianisme° • Heightisme (diskriminasi) • Heliosentrisme • Hellenisme • Henoteisme • Heteroseksisme (diskriminasi) • Heteroseksualisme (diskriminasi) • Hinduisme • Historisisme • Hitlerisme° • Hobbesianisme° • Humanisme • Humanitarianisme • Hutterit° • Hussitisme

I

J

K

L




M
Machiavellianisme° • Maksimalisme • Malthusianisme° • Maniisme° • Manualisme dan oralisme • Maoisme° • Martinisme° • Marxisme-Leninisme°° • Marxisme° • Maskulinisme • Masochisme° • Materialisme • McCarthyisme° • Medisme • Menshevisme • Mennonit° • Mercantilisme • Metodisme • Millerit° • Militarisme • Millennialisme • Minarkisme • Minimalisme • Misoteisme • Mistisisme • Mithraisme • Modalisme • Modernisme • Mohammedanisme° • Mohisme° • Molinisme • Monarkianisme • Monarkisme • Monastisisme • Monetarisme • Monisme • Monolatrisme • Monophysitisme • Monoteisme • Montanisme dan Ultramontanisme° • Moralisme • Mormonisme • Multikulturalisme • Multilateralisme • Mistisisme

N

O

P
Pabloisme° • Pasifisme • Paganisme • Paleokonservatisme • Paleolibertarianisme • Pan-Afrikanisme • Pan-Arabisme • Pan-Jermanisme • Pan-Slavisme • Pan-Turkisme • Pandeisme • Panenteisme • Panisme • Panteisme • Papisme • Paralogisme • Parlementerisme • Paskateisme • Patriotisme • Patripassianisme • Pelagianisme° • Pelmanisme • Pentakostalisme • Peonisme • Perennialisme • Peronisme° • Persianisme • Personalisme • Pesimisme • Phallosentrisme • Pharaonisme • Phenomenalisme • Philhellenisme • Philistinisme • Pietisme • Plagiarisme • Platonisme dan Neo-Platonisme° • Plenisme • Pluralisme • Polisentrisme • Polideisme • Polimorphisme • Politeisme • Populisme • Positivisme • Positivisme logis • Postkolonialisme • Postmodernisme • Poststructuralisme • Post-Freudianisme° • Post-Zionisme • Pragmatisme • Predicativisme • Preformationisme • Presbiterianisme • Presentisme • Primitivisme • Probabilisme • Progresivisme • Projectivisme • Proteksionisme • Protestanisme • Proto-kapitalisme • Psilanthropisme • Puseyisme° • Putinisme° • Pyrrhonisme°

Q

R



S
Sabellianisme° • Sadisme° • Safawiyyah° • Saint-Simonisme° • Sandinisme° • Senussi° • Shadhili° • Skandinavisme • Skeptisisme • Skolastikisme • Scientisme • Scotisme • Sectarianisme • Seksionalisme • Seksisme (diskriminasi) • Sekularisme • Sensualisme • Sentralisme • Sentrisme • Separatisme • Setanisme atau Satanisme • Shachtmanisme° • Shamanisme • Shiisme • Shintoisme • Sikhisme • Simulisme • Singularitarianisme • Sinkretisme • Situationisme • Skeptikisme • Sofisme • Sosialisme • Socinianisme° • Somnambulisme • Solidarisme • Solipsisme • Sophisme • Sovereigntisme • Spartisisme° • Spesiesisme (diskriminasi) • Spinozisme° • Spiritisme • Spiritualisme • Stalinisme° • Stasisme • Statisme • Stoisisme • Strasserisme°° • Structuralisme • Sufisme • Sukarnoisme atau Soekarnoisme° • Suhrawardiyyah° • Supersessionisme • Syndicalisme

T

U

V

W

X
 
Y

Z








Dirangkum dari berbagai sumber:

Wikipedia
Ilustrasi dari google image


About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar: